The best Python IDE and WIDE – Daftar IDE Python terbaik yang masuk nominasi tahun ini adalah IPython, Jupyter Notebook, Spider, PyCharm, dan Wing. IDE kepanjangan dari Integrated Development Environtment yaitu sebuah lingkungan kerja berbasis desktop di dalamnya terdapat interpreter dan compiler.




Sementara WIDE singkatan dari Web Integrated Development Environment adalah IDE versi website yang merupakan sebuah lingkungan kerja komputasi ilmiah.

Table Of Contents

Pengertian Python IDE

Lingkungan pengembangan terpadu atau integrated development environtment (IDE) adalah editor teks yang disempurnakan yang juga menyediakan fitur seperti eksekusi kode terintegrasi, dokumentasi, dan debugging. Banyak lingkungan IDE gratis dan komersial memiliki dukungan yang baik untuk proyek berbasis Python.

Dari sekian banyak IDE Python, ada yang dikembangkan secara khusus hanya untuk Python (seperti Spider), ada juga IDE umum yang support banyak bahasa termasuk bahasa Python misalnya VS Code dengan plugin Python extension for Visual Studio Code, Eclipse dengan ekstensi PyDEV, dan lainnya.

Python IDE dan WIDE Terbaik

Ada beberapa lingkungan pengembangan Python baik itu IDE maupun WIDE yang unggul dan memiliki banyak fitur yang berbeda yang cocok untuk bekerja dengan Python untuk komputasi ilmiah dan teknis. Keragaman ini memberikan fleksibilitas dan dinamisme yang cocok untuk spesialisasi untuk kasus penggunaan tertentu, tetapi di sisi lain, hal itu juga dapat membingungkan dan mengganggu untuk pengguna baru dalam adaptasi belajar, dan menyiapkan lingkungan produktif penuh bisa jadi lebih rumit.

Di sini kami memberikan orientasi IDE dan WIDE yang umum dipakai ahli data science untuk komputasi ilmiah, sehingga manfaatnya dapat dipertimbangkan satu sama lain dan keputusan yang tepat dapat dicapai mengenai mana yang akan digunakan dalam situasi yang berbeda dan untuk tujuan yang berbeda.

IPython

Python interpreter atau IPython console digunakan untuk menjalankan kode secara interaktif. Bersama dengan editor teks untuk menulis kode, IPython menyediakan lingkungan pengembangan yang ringan. IPython menyediakan arsitektur yang kaya untuk komputasi interaktif, hal ini mencakup:




  • Shell interaktif yang unggul.
  • Kernel untuk Jupyter.
  • Dukungan untuk visualisasi data interaktif dan penggunaan toolkit GUI.
  • Penerjemah yang fleksibel dan dapat disematkan untuk dimuat ke dalam proyek Anda sendiri.
  • Alat yang mudah digunakan dan berperforma tinggi untuk komputasi paralel.

Cara Install IPython

Kami rekomendasikan untuk menginstal paket aplikasi yang bernama Anaconda, karena di dalamnya sudah include bundle aplikasi lain dan library data science yang cukup lengkap. Silahkan baca Cara Instalasi Anaconda.

Setelah instal Anaconda, anda bisa menginstal IPython dengan cara mengaktifkan lingkungan Anaconda (dengan perintah di Terminal: conda activate), lalu instal IPython dengan perintah di Terminal:

conda install ipython

Jika sudah selesai proses instalasinya, cara menjalankan IPython adalah pastikan lingkungan conda aktif, lalu ketikkan perintah di Terminal:

ipython

Tampilannya akan seperti berikut ini, dicontohkan di bawah ini hasil dari perkalian antara 3 x 5 x 7 hasilnya adalah 105. Untuk keluar cukup ketikkan perintah exit()

# untuk mengaktifkan lingkungan conda
[email protected]:~$ conda activate

# untuk menjalankan atau run IPython
(base) [email protected]:~$ ipython

Python 3.7.6 (default, Jan  8 2020, 19:59:22) 
Type 'copyright', 'credits' or 'license' for more information
IPython 7.12.0 -- An enhanced Interactive Python. Type '?' for help.

In [1]: 3*5*7                                                                   
Out[1]: 105

In [2]: exit()                                                                  
(base) [email protected]:~$ 

Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah WIDE (Web Integrated Development Environtment) yaitu IDE Python berbasis website yang dikembangkan oleh proyek Jupyter. Sebelum pembuatan proyek Jupyter, aplikasi Notebook dan kerangka kerjanya merupakan bagian dari proyek IPython.

Namun, karena frontend Notebook adalah bahasa agnostik (yang juga dapat digunakan dengan sejumlah besar bahasa lain, seperti R dan Julia) maka dikembangkan proyek terpisah untuk melayani komunitas yang lebih luas dan untuk menghindari bias yang dirasakan menuju Python. Sekarang, peran IPython yang tersisa adalah untuk fokus pada aplikasi khusus Python, seperti konsol Python interaktif, dan juga menyediakan kernel Python untuk lingkungan Jupyter.

Jadi di dalam framework Jupyter, frontend berbicara dengan komputasi backend yang dikenal sebagai kernel. Frontend dapat memiliki beberapa kernel yang terdaftar, misalnya untuk bahasa pemrograman yang berbeda, untuk versi Python yang berbeda, atau untuk lingkungan Python yang berbeda. Kernel mempertahankan status interpreter dan melakukan komputasi sebenarnya, sedangkan frontend mengatur bagaimana kode dimasukkan dan diatur, dan bagaimana hasil perhitungan divisualisasikan kepada pengguna.

Tampilan Awal Jupyter Notebook (Offline Localhost)
Tampilan Awal Jupyter Notebook (Offline Localhost)

Cara Install Jupyter Notebook

Untuk mengakses Jupyter Notebook hosted by Google, anda bisa mengunjungi Google Colaboratory. Sementara untuk versi offline, Jupyter sudah terinstal bersama Anaconda Navigator. Silahkan terlebih dahulu anda install Anaconda Navigator.

Untuk menjalankan Jupyter Notebook, anda jalankan saja Anaconda Navigator, lalu disana ada tombol “Launch” untuk “Jupyter Notebook”

Cara Install Jupyter Notebook Anaconda Navigator
Cara Menjalankan Jupyter Notebook dari Anaconda Navigator

Jupyter Qt Console

Bagian lain dari proyek Jupyter adalah Jupyter Qt Console, yaitu sebuah Terminal atau command promt interaktif yang mampu menjalankan perintah Python. Jupyter Qt Console adalah aplikasi yang sangat ringan yang sebagian besar terasa seperti Terminal, tetapi menyediakan sejumlah penyempurnaan yang hanya dapat dilakukan dalam GUI, seperti gambar sebaris, pengeditan multi-baris yang tepat dengan sintax highlight, calltips grafis, dan banyak lagi. Jupyter Qt Console dapat menggunakan kernel Jupyter.

Cara Menjalankan Qt Console

Untuk membuka Jupyter Qt Console dapat dilakukan dengan cara yang sama melalui Anaconda Navigator, dan pilih tombol “Launch” untuk “Qt Console“, silahkan lihat cara menjalankan Jupyter Notebook di atas, di sampingnya ada Qt Console. Tampilan jendela utamanya sebperti berikut ini:

Jupyter Qt Console for Python IDE

Spider

Spyder adalah IDE yang secara khusus dibuat untuk pemrograman Python dan khusus untuk komputasi ilmiah data science dengan Python. Karena itu Spider memiliki fitur yang berguna untuk komputasi interaktif dan eksplorasi: terutama, integrasi dengan konsol IPython langsung di IDE.



Antarmuka pengguna Spyder terdiri dari beberapa panel opsional, yang dapat diatur dengan cara berbeda di dalam aplikasi IDE. Panel terpenting adalah:

  • Editor kode sumber (source code)
  • Konsol untuk Python dan interpreter IPython dan shell sistem
  • Pemeriksa objek, fungsinya menampilkan dokumentasi untuk objek Python
  • Penjelajah variabel
  • Penjelajah file
  • History perintah
  • Profiler

Cara Install Spider

Anda tidak perlu instalasi Spider karena secara default sudah terinstal bersama Anaconda ketika anda menginstalasi Anaconda. Untuk menjalankan Spider, silahkan buka Anaconda Navigator, lalu klik “Launch” untuk “Spider“. Silahkan baca panduan instalasi Anaconda. Berikut ini adalah tampilan utama Spider:

Spyder Python IDE

PyCharm

PyCharm adalah platform hybrid yang dikembangkan oleh perusahaan JetBrains sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi Python. Bagi anda pengguna Core i3 atau setara dengan memory RAM terbatas disarankan tidak menggunakan aplikasi ini karena lingkungan pengembangannya berat.

Cara Install PyCharm

Untuk menginstall PyCharm anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  • Download PyCharm melalui website resmi https://www.jetbrains.com/pycharm/
  • Pilih versi yang Community, karena yang Community gratis dan ukuran installer sekitar 400MB untuk Linux
  • Misalkan hasil download installer adai folder Downloads, nama filenya pycharm-community-2020.2.2.tar.gz dan hasil ekstrak berupa folder pycharm-community-2020.2.2 maka jalankan Terminal dan ketikkan perintah berikut ini untuk instalasi:
cd ~/Downloads
tar -xzf pycharm-community-2020.2.2.tar.gz
cd pycharm-community-2020.2.2
cd bin
chmod u+x pycharm.sh
sh pycharm.sh

Tunggu sampai proses instalasi selesai. PyCharm dapat dijalankan melalui menu Start >> Development >> PyCharm

PyCharm Linux

Wing

Sebagaimana Spider, Wing Python IDE juga didesain untuk bahasa Python. Ada beberapa pilihan lisensi yang ditawarkan oleh Wing mulai dari versi gratis hingga berbayar. Versi gratis tersedia untuk pendidikan baik iswa maupun guru, dan proyek open source.

Silahkan kunjungi website https://wingware.com/store dan silahkan pilih jenis lisensi gratis yang tersedia untuk edukasi atau open source. Isikan data dan email dengan benar. Verifikasi email segera tan tunggu proses review dari Wing Ware. Download aplikasinya lalu install.

Wing Python IDE

Cara Install Wing Python IDE

Untuk versi Linux tersedia versi DEB dengan ukuran file 54 MB, cara instalasinya pun cukup dengan klik ganda pada file lalu “Install Package”. Jalankan dari menu Start >> Development >> Wing 7, dan hasil aplikasinya terasa ringan seprti Spider.

Mana Python IDE Terbaik

Kesimpulan mana Python IDE paling bagus tergantung dari peruntukan anda. Ada yang ringan digunakan juga ada yang berat, ada yang fasilitasnya standar ada juga yang memberikan fasilitas lebih. Untuk penggunaan yang tingkat sedang, gunakan saja Spider yang sudah terinstal bersama Anaconda sebagai IDE Python anda!